Dunia Hiburan Remaja

Hasil Pelaksanaan UKG Online 2012 SMP Bermasalah

Hasil Pelaksanaan UKG Online 2012 SMP/SLTP Bermasalah. Seperti yang telah ditakutkan sebelumnya akan terjadinya error koneksi dari pusat menyebabkan pelaksanaan UKG Online 2012 di hari pertama tingkat SMP, Senin ((30/7/2012) mengalami berbagai hambatan dan permasalahan. Hal ini banyak guru yang gagal atau batal mengikuti Ujian Kompetensi Guru (UKG)

Dari Metronews mengatakan bahwa beberapa lokasi ujian yang mengalami masalah pada koneksi server terjadi di Bandung, khususnya di tempat lokasi UKG Online, SMAN 12 Bandung. Sejak pukul 7.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB, server UKG belum terkoneksi.

Permasalah pada koneksi server UKG Online 2012 juga terjadi di SMKN 1 Sukabumi. Kejadiannya juga sama persis dengan yang terjadi di SMAN 12 Bandung, dimana server UKG di pusat selalu gagal diakses.

Pelaksanaan UKG Online 2012 di DKI Jakarta juga sempat terkendala masalah koneksi server, hal tersebut dialami di SMAN 111 Jakara. Namun pada pukul 9.00 WIB akhirnya koneksi ke server berhasil dilakukan.

Kegagalan pelaksanaan UKG Online 2012 disejumlah daerah disesalkan oleh organisasi guru. Menurut organisasi guru, pelaksanaan UKG terlalu tergesa-gesa dan terburu-buru, sehingga tujuan UKG untuk pemetaan kompetensi guru gagal.

"Menyedihkan, memilukan, dan memprihatinkan. Tujuan UKG yang baik untuk pemetaan kompetensi guru gagal di hari pertama karena ketidaksiapan pemerintah yang memang terburu-buru melaksanakannya," kata Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistyo seperti yang dikutip Karo Cyber dari Kompas.com

Menurut Sulistyo, Kemendikbud tidak usah malu ketika harus memperbaiki persiapan penyelenggaraan UKG. "Jika perlu menundanya. Untuk apa tergesa-gesa harus dilaksanakan awal puasa, jika tidak membawa kebaikan. Tunda saja jika belum siap," kata Sulistyo.

Hasil Pelaksanaan UKG Online 2012 SMP Bermasalah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adriyanto Prasetyo

3 komentar:

Yendra Alas said...

yang sangat menyakitkan adalah guru IPA Terpadu di SMP yang sertifikasi gurunya bersertifikat guru BIOLOGI atau FISIKA. Tanpa hujan angin, sang guru harus menghadapi seabrek soal yang bukan disiplin ilmunya. Guru BIOLOGI harus menghadapi soal FISIKA demikian halnya guru FISIKA harus menghadapi soal BIOLOGI. Di mana logikanya pak Nuh?

PHISICS LEARNING said...

terus terang UKG kali ini kurang perencanaan, dari sisi informasi guru diinformasikan ujian 1 hari sbl ujian shg persiapan kurang,penulis soal terkesan kurang siap dalam sistem pengeditan soal sehingga banyak soal yang tidak ada jawaban atau gambar jawaban. atau ada soal dengan kalimat perhatikan gambar! tapi tidak ada gambar. terkesan penulis soal amatiran atau pengedit kekomputer yang amatiran. jadi intinya kurang siap.

SMP NEGERI 3 KEPIL said...

seharusnya, Guru Biologi ya mengerjakan soal Biologi, Guru fisika mengerjakan soal Fisika, sesuai waktu kuliah dulu..... masa tiba-tiba di suruh mengerjakan soal yang bukan disiplin ilmunya?,,,,,,gak bener tuh,,,