Dunia Hiburan Remaja

Film Kolosal Indonesia : Gending Sriwijaya | Sinopsis dan Pemeran Film Gending Sriwijaya

Film Kolosal Indonesia : Gending Sriwijaya | Sinopsis dan Pemeran Film Gending Sriwijaya - Acungan jempol layak disematkan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (sumsel) yang telah memproduksi sebuah film laga kolosal yang berjudul Gending Sriwijaya. Film Laga kolosal ini di sutradarai oleh sutradara terkenal : Hanung Bramantyo yang sebelumnya juga sukses membuat film berjudul Pengejar Angin.
Film Gending Sriwijaya
Film Gending Sriwijaya merupakan film laga kolosal yang mengangkat sejarah dan Kebudayaan Sumatera Selatan pada masa kerajaan Sriwijaya dengan memasukkan unsur puisi, tari, juga menggambarkan keluhuran budaya, kejayaan, dan keagungan kemaharajaan Sriwijaya yang pernah berjaya mempersatukan wilayah Barat Nusantara.

SINOPSIS FILM GENDING SRIWIJAYA

Film Gending SriwijayaFilm ini menggambarkan perebutan kekuasaan di Kedatuan Bukit Jurai yang saat itu dipimpin oleh Raja yang bergelar Dapunta Hyang Srijayanasaa (Slamet Rahardjo). Raja Dapunta memiliki dua putera mahkota, yaitu Awang Kencana (Agus Kuntjoro) dan Purnama Kelana (Sahrul Gunawan). Raja Dapunta memilih Purnama Kelana yang baru saja pulang dari negeri Cina untuk meneruskan tahta kerajaan dengan alasan berwawasan luas. Namun Awang Kencana tidak terima dengan keputusan ayahnya sebab dia merasa putra pertama-lah yang lebih berhak meneruskan estafet kerajaan.

Awang Kencana akhirnya membunuh ayahnya sendiri, dan menaruh kalung milik Purnama Kelana di tempat kejadian sehingga seolah-olah Purnama Kelana yang membunuh ayahnya. Akhirnya, Purnama Kelana dijebloskan ke penjara. Awang Kencana pun naik menjadi raja dan dia jatuh cinta pada Endang Wangi (Hafsary Thanial Dinoto).

Namun para tabib kerajaan yakin bahwa Purnama tidak bersalah, sehingga mereka membantunya melarikan diri dari penjara secara diam-diam. Awang Kencana gerah ketika Purnama Kelana berhasil melarikan diri. Dia mengejar Purnama hingga bertemu dengan Ki Goblek (Matias Muchus). Ki Goblek sendiri merupakan orang kerajaan yang dibuang ke pinggiran oleh Raja Dapunta sehingga dia memiliki dendam dengan keluarga raja. Awang Kencana pun akhirnya tewas di tangan Ki Goblek setelah sebelumnya sempat diselamatkan oleh Pati Duta (Oim Ibrahim).

Di lain pihak, Purnama Kelana justru berhasil meyakinkan Ki Goblek bahwa dia juga dibuang dari kerajaan karena dituduh membunuh ayahnya sendiri. Ki Goblek pun iba dan akhirnya berbalik membantu Purnama Kelana. Purnama Kelana akhirnya menikahi Malini (Julia Perez) dan berhak menyandang mahkota raja.(fb)
INFO FILM GENDING SRIWIJAYA
  • Judul: Gending Sriwijaya
  • Genre: Laga Kolosal
  • waktu Syuting: 2012
  • waktu Rilis: Januari 2013
  • Sutrada: Hanung Bramantyo
  • Produksi: Putaar Films
  • Pemain: Agus Kuncoro, Sahrul Gunawan, Matias Mutchus, Slamet Raharjo, Julia Peres dan lainnya.
Demikianlah sinopsis dan pemeran Film Gending Sriwijaya. Semoga film Gending Sriwijaya ini bisa ditiru oleh daerah lain untuk mengangkat cerita rakyat agar budaya Indonesia tetap lestari dan dikenali anak cucu saat ini.

Film Kolosal Indonesia : Gending Sriwijaya | Sinopsis dan Pemeran Film Gending Sriwijaya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adriyanto Prasetyo

0 komentar: