Film Sang Kyai : Kisah Hidup KH Hasyim Asy'ari Pendiri NU

Film Sang Kyai : Kisah Hidup KH Hasyim Asy'ari Pendiri NU - `Sang Kyai,' film layar lebar berlatar belakang masa penjajahan yang mengangkat kisah hidup ulama kharismatik dari Tebu Ireng, Jombang, KH Hasyim Asy'ari, diproduksi dengan nilai Rp 10 miliar. Angka ini merupakan rekor terbesar yang pernah dikeluarkan rumah produksi Rapi Film untuk sebuah karya film.

Film Sang Kyai : Kisah Hidup KH Hasyim Asy'ari Pendiri NU 

Film Sang Kyai : Kisah Hidup KH Hasyim Asy'ari Pendiri NU

Biaya produksi bisa mencapai sebesar itu karena proses pembuatan film ini cukup kompleks. Produser film 'Sang Kyai,' Sunil Samtani, setting film ini dibuat antara tahun 1942-1947. Ini  artinya memang perlu dilakukan desain tempat serta pengadaan segala macam properti yang dibutuhkan untuk menghadirkan suasana masa itu.

Selain itu, kata Sunil, karena proses pengambilan gambar tidak hanya dilakukan di satu lokasi, melainkan sampai lima kota yang berbeda. Kediri, Gondang Klaten, Rutan Ambarawa (Kabupaten Semarang), dan Solo.

Sinopsis dan Pemeran Film Sang Kyai

Sama seperti 'Sang Pencerah,' : film yang menceritakan kisah hidup KH Ahmad Dahlan. Film 'Sang Kyai' yang akan dirilis pada pertengahan 2013 ini hendak mengangkat kembali kisah penuh rasa nasionalisme melalui sosok KH Hasyim Asy'ari yang merupakan tokoh paling berpengaruh pada masa penjajahan. Baik dalam usaha KH Hasyim Asy'ari untuk mendorong kemerdekaan maupun dalam mempertahankan kemerdekaan.

Content film ini memadukan unsur drama, perang, dan dakwah. Semangat dari film ini ialah menggugah dan mengingatkan masyarakat Indonesia akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa.

Sementara itu, Rako Prijanto, sang sutradara 'Sang Kyai' menambahkan pembuatan film ini difokuskan pada perjuangan KH Hasyim Asy'ari pada era tahun 1942-1947. Hal ini juga sesuai dengan usulan PBNU.

"Pada periode itu, sosok KH Hasyim menjadi salah satu tokoh sentral, penentu arah dalam mengerahkan massa santri melawan penjajah," kata Rako Prijanto.

Film Sang Kyai didukung oleh aktor dan aktris papan atas Indonesia, seperti Ikranagara yang memerankan Tokoh KH Hasyim Asy'ari, Christine Hakim yang memerankan Nyai Kapu (istri KH Hasyim Asy'ari), dan Agus Kuncoro pemeran Wahid Hasyim (anak KH Hasyim Asy'ari).

Film yang diprediksi bakal meledak di tahun 2013 digarap oleh sutradara berpengalaman, Rako Prijanto. Sebelumnya, Rako juga sukses menggarap film Ungu Violet, D'Bijis, dan Merah Itu Cinta. Penasaran segera menontonnya? tunggu pemutarannya pada Juni 2013, ya.

2 Responses to "Film Sang Kyai : Kisah Hidup KH Hasyim Asy'ari Pendiri NU"

ahmad fii said...

gan, ada yg bsa di download gak ne..
susah bnget ne ane mau download film ini.
tolng sharc link x gan ke email q fiiahmad373@gmail.com

Aan Apk said...

ada link downloadnya gk bro??
ane pengen nonton nih...

blogwalking
http://indexiapk.blogspot.com