Dunia Hiburan Remaja

5 Istilah Dunia K-Pop Yang Wajib Kamu Ketahui!

Kamu penggemar semua yang berbau korea termasuk K-Pop? Mungkin kamu beberapa kali pernah berkunjung ke blog KoreaIndo.Net, tapi ada beberapa istilah yang asing buat kamu. Kalau gitu, kamu harus tahu istilah-istilah berikut ini yang populer di dunia K-Pop

1. Comeback Stage - Goodbye Stage


Comeback adalah kata yang paling umum digunakan. Istilah ini digunakan ketika sebuah grup merilis single atau album baru dan melakukan promosi di acara-acara musik TV.

Penampilan pertama mereka setelah hiatus disebut Comeback Stage. Tak peduli berapa lama masa hiatusnya, ketika sebuah grup merilis album/single dan tampil di acara musik TV istilah Comeback selalu digunakan.

Di akhir masa promosi akan ada penampilan yang disebut Goodbye Stage. Ini merupakan penampilan-penampilan terakhir sebuah grup sebelum menutup promosi album/single mereka.


2. All Kill

All Kill merupakan istilah ketika sebuah lagu dari artis tertentu berhasil menempati posisi 1 di 7 chart utama situs musik di Korea Selatan. Chart ini antara lain MelOn, Soribada, Dosirak, Bugs, Cyworld, Mnet, Naver, Daum dan Monkey3.

Istilah ini juga kerap digunakan ketika semua lagu dalam satu album artis tertentu merajai sebuah chart. Misalnya, ketika IU merilis album 'Modern Times', 13 track di album tersebut menduduki peringkat 1 sampai 13 di situs musik tertentu.

All Kill di chart harian adalah yang umum terjadi. Namun, All Kill di chart bulanan atau mingguan biasanya akan lebih sulit.

3. Triple Crown

Istilah Triple Crown awalnya digunakan oleh Mnet di acara musik 'M! Countdown'. Istilah ini digunakan jika sebuah grup keluar sebagai juara pertama selama tiga minggu berturut-turut, sebelum akhirnya masa promosi artis tersebut berakhir.

Namun, belakangan istilah Triple Crown bermakna ganda. Istilah ini digunakannya juga untuk sebuah grup yang memenangkan juara pertama di acara-acara musik seperti 'M! Countdown', 'Music Core', 'Music Bank' dan 'Inkigayo' di minggu yang sama.

4. Fan Chant

Fan Chant adalah kata-kata yang diteriakkan oleh fans secara bersama-sama ketika idola mereka tampil di acara musik. Fan Chant setiap artis di setiap lagu berbeda-beda dan biasanya mengikuti melodi atau saat musik sebelum sang artis menyanyikan lirik lagunya.

Fan Chant biasanya berisi nama-nama member sebuah grup. Bisa juga kata-kata lain yang dibuat secara resmi oleh manajemen dan didistribusikan lewat fanclub resmi.

5. MR Removed

MR Removed atau Music Recording Removed adalah video penampilan live idola KPop dengan menghilangkan musik aslinya. Video MR Removed akan memperdengarkan kepada publik suara asli seorang penyanyi atau sebuah grup saat tampil di acara musik.

Video MR Removed biasanya digunakan sebagai penilaian bagus atau tidaknya kualitas vokal sebuah grup atau seorang penyanyi. Dari sini juga bisa diketahui apakah sebuah grup atau seorang penyanyi benar-benar menyanyi live atau lipsync.

5 Istilah Dunia K-Pop Yang Wajib Kamu Ketahui! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rigih Bayu Ratri

0 komentar: